Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti

Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti

Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti


Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti - Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai salah satu bahasan lanjutan dari akuntansi dasar, yakni akuntansi biaya. Akuntansi Biaya sering dipakai pada perusahaan manufaktur, dimana sebuah perusahaan itu membeli barang mentah, kemudian memprosesnya dan menjualnya. Jadi tidak seperti perusahaan dagang yang hanya membeli barang dan menjualnya lagi. Karena di perusahaan manufaktur, kita itu “memproses” jadi bisa disimpulkan bahwa kita mengolah barang mentah menjadi barang jadi. Jadi untuk menentukan Harga Pokok Produksi maka diperlukan biaya- biaya yang terlibat dalam memproses barang. Macam-macam biaya yang dibahas dalam Sistem Informasi Akuntansi adalah  :

1. Biaya Bahan Baku

    Biaya yang timbul karena adanya pemakaian bahan baku / bahan mentah dalam proses memproduksi barang/ produk

2. BTKL ( Biaya Tenaga Kerja Langsung )

    Biaya yang timbul karena pemakaian tenaga kerja yang digunakan untuk mengolah/ memproduksi barang. Jadi, gaji untuk membayar tenaga kerja ini disebut Biaya Tenaga Kerja Langsung.
3. BOP (Biaya Overhead Pabrik )
    Biaya yang timbul karena pemakaian fasilitas untuk mengolah barang berupa mesin,alat,tempat kerja dan kemudahan lainnya.
    Yang termasuk dalam BOP adalah :
    1. Bahan Penolong
    2. BTKTL ( Biaya Tenaga Kerja Tidak Langsung )
    3. Beban Listrik pabrik

4. Biaya operasional pabrik

Jadi selain ketiga komponen diatas, juga terdapat biaya komersial. Yang dimaksud dengan biaya komersial adalah biaya yang timbul diluar dari kegiatan produksi seperti biaya pemasaran dan biaya admin dan umum.

Demikian adalah Pembahasan Akuntansi Biaya yang Mudah Dimengerti, semoga bermanfaat ya!

0 komentar:

Post a Comment