Jenis-Jenis Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Jenis-Jenis Akuntansi

Jenis-Jenis Akuntansi

jenis-jenis akuntansi


Jenis-Jenis Akuntansi - Akuntansi sebagai suatu seni yang mendasarkan pada logika matematik - sekarang dikenal sebagai “pembukuan berpasangan” (double-entry bookkeeping) - yang sudah dipahami di Italia sejak tahun 1495 pada saat Luca Pacioli (1445 - 1517), ia juga dikenal sebagai Friar (Romo) Luca dal Borgo, telah mempublikasikan bukunya tentang “pembukuan” di Venice. Sementara itu buku berbahasa Inggris pertama diketahui dipublikasikan di London oleh John Gouge atau Gough pada tahun 1543.

Jenis-jenis akuntansi adalah :

-    Akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan bagi proses pelacakan, pencatatan, dan analisis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang atau jasa. Biaya didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dan menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai. 

-    Akrual basis dan kas basis 

-    Akuntansi keuangan

 Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas). Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.

-    Akuntan internal dan Akuntan eksternal

-    Akuntansi manajemen
 Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.

-    Akuntansi proyek


Prinsip inti akuntansi keuangan modern ada pada sistem pembukuan berpasangan. Jadi sistem ini meliputi pembuatan paling tidak dua masukan untuk setiap transaksi: satu debit pada suatu akun, serta satu kredit terkait pada akun lain. Jadi jumlah keseluruhan debit harus selalu sama dengan jumlah keseluruhan kredit. Teknik ini akan memudahkan pemeriksaan jika terjadi kesalahan. Menurut sejarah, teknik ini diketahui pertama kali digunakan pada abad pertengahan di Eropa, sekalipun ada pula yang berpendapat bahwa cara ini sudah digunakan sejak zaman Yunani kuno. Demikian adalah Jenis-jenis akuntansi dalam pembahasan lebih rinci mengenai Sistem Informasi Akuntansi. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment