Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi

Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi

Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi


Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi - Pembahasan kali ini beralih ke biaya produksi. Hubungan antara biaya produksi dengan biaya utama dan biaya konversi akan dibahas disini secara singkat dan mudah dimengerti, karena demikianlah tujuan Sistem Informasi Akuntansi itu sendiri.

Yang dimaksud dengan Manufacture Cost atau Production Cost adalah merupakan perjumlahan antara Material ( bahan langsung), Labor (tenaga kerja langsung) dan Factory Overhead (overhead pabrik). Jadi biaya produksi merupakan unsur biaya yang sangat penting dalam perhitungan Harga Pokok Produksi (Cost of Goods Manufactured). Setelah diketahui besarnya Harga Pokok Produksi maka informasi tersebut sangat berguna dalam penentuan harga jual produk dan penentuan laba yang diharapkan (expected profit) oleh perusahaan tersebut. Serta khusus untuk bahan langsung yang termasuk dalam biaya produksi adalah bahan langsung yang digunakan tanpa proses apapun lagi. Apabila belum tahu jumlah maka dihitung dahulu dengan menggunakan formula sebagai berikut :
Bahan langsung yang digunakan ( material used) = Saldo awal Bahan + {(Pembelian bahan + biaya angkutan masuk) - Diskon Pembelian - Retur dan Potongan Pembelian } - Saldo akhir Bahan

Sementara itu yang dimaksud dengan Biaya Utama atau Prime Cost adalah penjumlahan antara biaya bahan dengan biaya tenaga kerja langsung. Kenapa menjadi utama? karena kedua biaya tersebut menjadi ujung tombak dalam biaya produksi. Sementara itu biaya konversi atau conversion cost adalah penjumlahan antara biaya tenaga kerja langsung dengan biaya overhead pabrik itu sendiri. Dinamakan sebagai biaya konversi karena merubah bentuk dari bahan langsung dikonversi menjadi barang jadi atau barang konsumsi.

Demikian adalah Biaya Produksi vs Biaya Utama vs Biaya Konversi, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment