Apa Yang Dimaksud Unit Ekuivalen | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Apa Yang Dimaksud Unit Ekuivalen

Apa Yang Dimaksud Unit Ekuivalen

Apa Yang Dimaksud Unit Ekuivalen - Menurut Sistem Indormasi Akuntansi, yang dimaksudkan dengan Unit Ekuivalen adalah istilah yang umum digunakan pada metode perhitungan biaya berdasarkan proses. Lantas pada metode proses, semua unit yang diperhitungkan dalam penentuan biaya produksi per unit adalah unit ekuivelen. Lantas besarnya unit ekuivalen yang diperhitungkan tergantung pada besarnya tingkat penyelesaian yang telah dicapai dalam kegiatan produksi, maka dengan demikian semakin besar tingkat penyelesaian maka semakin besar pula unit ekuivalennya. Sementara itu tingkat penyelesaian itu sendiri menunjukkan seberapa besar unit tersebut sudah dibebani biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, serta biaya tenaga kerja lansgung dan biaya overhead pabriknya.

 

Perhitungan unit ekuivalen menggunkaan 2 metode, yaitu :

1. Metode Average atau metode rata-rata
2. Metode FIFO atau metode MPKP (masuk pertema keluar pertama)

Sementara itu rincian penjelasan kedua metode, adalah sebagai berikut :

1. Metode Average atau metode rata-rata
 
Yang menjadi filosofi penerapan metode rata-rata di metode biaya proses adalah pada saat memulai mengerjakan persediaan dan pekerjaan yang sama sekali baru untuk periode tersebut tidak dilakukan prioritas antara unit awal dan unit baru mulai dikerjakan, jadi semua dikerjakan bersama-sama.

2. Metode FIFO atau metode MPKP (masuk pertama keluar pertama)
 
Yang dimaksudkan filosofi penerapan metode FIFO di metode biaya proses adalah pada saat memulai mengerjakan persediaan dan pekerjaan yang sama sekali baru untuk periode tersebut dilakukan prioritas antara unit awal dan unit baru mulai dikerjakan secara berurutan dengan mendahulukan persediaan awal sebelum yang datang terakhir.

0 komentar:

Post a Comment