Apa Itu Neraca Saldo/Trial Balance | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Apa Itu Neraca Saldo/Trial Balance

Apa Itu Neraca Saldo/Trial Balance



Apa Itu Neraca Saldo/Trial Balance - Bicara mengenai akuntansi keuangan, maka istilah neraca atau laporan posisi keuangan atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai balance sheet atau statement of financial position merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi, yang akan menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode yang sudah ditentukan. Dalam Sistem Informasi Akuntansi, neraca terdiri dari tiga unsur yakni aset, liabilitas, dan juga ekuitas. Ketiganya dihubungkan dengan persamaan akuntansi berikut ini :
    aset = liabilitas + ekuitas

Jadi informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas, serta dari sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu masa periode akuntansi tertentu yakni triwulanan, caturwulanan, atau juga tahunan.

Lalu apa yang dimaksud dengan Neraca Saldo? Neraca Saldo adalah merupakan laporan yang sangat penting dalam siklus akuntansi. Jadi walaupun neraca saldo bersifat sementara namun sumbangannya dalam menghasilkan laporan keuangan tidak bisa di pandang remeh. Jadi, pada setiap akhir periode kita harus menutup masing-masing akun buku besar dan saldo akhir yang ada untuk masing-masing akun kita kumpulkan dan kita susun neraca saldo seperti yang dijelaskan di atas.

Jadi bisa disimpulkan jika neraca saldo sesuai dengan namanya adalah tempat untuk menyajikan saldo-saldo dari semua akun yang ada dan disusun dan diurutkan sehingga menghasilkan neraca saldo yang balance atau seimbang.

Semoga bermanfaat.

1 komentar: