Alokasi Biaya Gabungan, Metode Harga Pasar | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Alokasi Biaya Gabungan, Metode Harga Pasar

Alokasi Biaya Gabungan, Metode Harga Pasar



Alokasi Biaya Gabungan, Metode Harga Pasar - Bicara mengenai Sistem Informasi Akuntansi, ada banyak sekali pembahasan seputar akuntansi yang wajib dipahami dengan betul-betul. Salah satunya adalah Alokasi Biaya. Lalu apa yang dimaksud Alokasi Biaya? Biaya produksi yang dikeluarkan untuk membiayai beberapa produk secara bersama-sama dinamakan dengan biaya gabungan atau joint cost. Nah, biaya gabungan ini akan menjadi tidak matching kalau hanya dibebankan pada satu jenis produk saja, padahal sebenarnya biaya tersebut dinikmati secara bersama-sama. Jadi bisa dikatakan dengan demikian cocoknya biaya gabungan ini harus dialokasikan kesemua produk yang ada berdasarkan jumlah unit yang diproduksi. Hanya saja bedanya dengan adanya pembobotan yang diberikan pada setiap produk yang mencerminkan posisi kepentingan perusahaan terhadap produk-produk tersebut. 

Formula Alokasi Biaya Gabungan : Alokasi biaya gabungan=BIAYA GABUNGAN/RATA2 TERTIMBANG

Nah, salah satu metode mengalokasi biaya gabungan ini adalah dengan menggunakan harga pasar masing-masing produk karena dengan menggunakan harga pasar yang netral maka tidak akan mengganggu aspek profitabilitas masing-masing produk tersebut.

Jadi, biaya gabungan yang sudah digunakan bersama-sama untuk menghasilkan sejumlah produk harus ditentukan biayanya untuk masing-masing produk. Maka karena itu tidaklah tepat kalau joint cost ini hanya dibebankan pada produk saja padahal biayanya dipakai untuk beberapa produk saja.

Jadi ada dua kondisi dalam penghitungan alokasi biaya gabungan untuk produk gabungan ini, yakni :

* Produk gabungan dapat dijual di titik pisah
* Produk gabungan dijual setelah di titik pisah

Demikian penjelasan Alokasi Biaya Gabungan, Metode Harga Pasar. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment