Mengenal Sistem Akuntansi Syariah | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » Mengenal Sistem Akuntansi Syariah

Mengenal Sistem Akuntansi Syariah


Mengenal Sistem Akuntansi Syariah, Pengertian Akuntansi Syari’ah secara bahasa, akuntansi kata yang berasal dari kata dalam bahasa inggris yaitu accounting dan dalam bahasa arab akuntansi disebut dengan “Muhasabah” yang berati menimbang, memperhitungkan, mendata, mengkalkulasi. Secara istilah yaitu menghitung secara seksama dan teliti yang di tuangkan dalam pembukuan.


Dalam buku Akuntansi Syariah halaman 57 diungkapkan oleh Prof. Dr. Omar Abdullah Zaid “Muhasabah, yaitu aktifitas yang teratur berkaitan dengan pencatatan, tindakan-tindakan, transaksi-transaksi keputusan-keputusan yang sesuai dengan syari’at islam, dan jumlah-jumlahnya, di dalam catatan-catatan yang respresentatif, serta berkaitan dengan pengukuran dengan hasil-hasil keuangan yang berimplikasi pada tindakan-tindakan, transaksi-transaksi, dan keputusan-keputusan tersebut untuk membantu pengambilan keptusan yang tepat.”

Dari definisi Akuntansi Syariah di atas dapat dibatasi karakteristik muhasabah dalam poin-poin berikut :
1. Aktifitas yang teratur. 2. Pencatatan :
si, dan keputusan-keputusan yang sesuai dengan hukum . b. Jumlah-jumlahnya. c. Didalam ca
a. Tindakan-tindakan, Transaksi-transa
ktatan-catatan yang representatif. 3. Pengukuran hasil-hasil keuangan.

4. Membantu pengambilan keputusan yang tepat
.



Dalam buku “Akuntansi Social Ekonomi dan Akuntansi Islam” halaman 56 Sofyan S. Harahap, mendefinisikan : “Akuntansi Islam atau Akuntansi syariah pada hakekatnya adalah penggunaan akuntansi dalam menjalankan syariah Islam.”
Akuntansi terbagi menjadi dua jenis yaitu :



Akuntansi Syariah yang mana telah digunakan pada zaman yang dimana ummat islam menggunakan sistem nilai Islam (Zaman Nabi SAW, khulafaaurasyidin, dan pemerintahan yang menerapkan nilai islam lainnya)




Kedua Akuntansi Syariah zaman sekarang yang muncul pada kegiatan ekonomi dan sosial yang dipegang oleh sistem nilai kapitalis yang sangat berbeda dengan sistem nilai islam.
Dari kedua jenis Akuntansi Syariah itu berbeda pada masanya dan respon situasi masyarakaat saat ini.

2 komentar: