MACAM-MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , , » MACAM-MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN

MACAM-MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN


MACAM-MACAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN
Dalam pengambilan keputusan memiliki tiga elemen utama yaitu :
  1.     Input, elemen ini memiliki berbagai pengaruh luar sebagai sumber informasi terhadap produk tertentu dan sikap, nilai-nilai, dan perilaku konsumen yang berkaitan dengan produk. Yang paling utama dalam aspek ini adalah berbagai pengaruh sosiobudaya di luar pemasaran dan berbagai kegiatan bauran pemasaran.
  2.   Proses, elemen ini saling berhubungan dengan cara bagaimana konsumen mengambil keputusan. Kegiatan pengambilan keputusan konsumen terdiri dari tiga tahapan, yaitu :

a.      Penilaian berbagai alternatif
b.     Pengenalan kebutuhan, dan
c.      Penelitian sebelum melakukan pembelian, yaitu : (a) faktor situasi, (b)faktor produk (karakter demografis konsumen, keperibadian), (c) Faktor-faktor produk (jangka waktu antar pembelian, prubahan harga, jumlah penelitian, dll)
  1. 3   Output, elemen ini berkaitan dengan dua kegiatan pasca pembelian. Tujuan dari kedua kegiatan ini untuk memberikan kepuasan konsumen kepada pembelinya.


INTEGRITAS KONSUMEN UNTUK MEMBERI HADIAH
Integritas konsumendalam memberi hadiah didefinisikan sebagai proses pertukaran yang dilakukan pemberi dan penerima. Terdapat lima model dalam pemberian hadiah dan penerimaan hadiah, yaitu :
  1.  Pemberian hadiah kepada antar kelompok.
  2.  Pemberian hadiah kepada antar kategori (seseorang memberikan hadiah kepada kelompok atau sebaliknya kelompok memberikan hadiah kepada seorang individu).
  3. Pemberian hadiah di dalam kelompok itu sendiri (kelompok memberikan hadiah kepada kelompoknya sendiri atau kepada anggota dari kelompok itu sendiri)
  4. Pemberian hadiah kepada antar perorangan (individu memberikan hadiah kepada lain individu), dan
  5. Pemberian hadiah untuk diri sendiri.


0 komentar:

Post a Comment