Perbedaan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi | SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Home » , » Perbedaan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi

Perbedaan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi

Perbedaan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi
Perbedaan Sistem Informasi dengan Sistem Informasi Akuntansi, Dari istilahnya saja, dapat dibayangkan bahwa sistem informasi lebih umum dibandingkan dengan sistem informasi akuntansi. Sistem informasi adalah sistem apapun yang bertujuan untuk menghasilkan informasi. Bukan hanya informasi dalam dunia bisnis, tetapi informasi apapun. 
Contoh di lokasi umum di kampus (mungkin di koridor atau di student hall) adakalanya ditempatkan komputer yang dapat diakses oleh mahasiswa secara bebas. Melalui komputer ini, siswa dapat mengakses jadwal kuliah, seminar yang akan datang, lomba ilmiah yang akan datang, situs web universitas dan berbagai informasi yang lain. Berarti, komputer tersebut merupakan bagian dari sistem informasi kampus.

Contoh lain lagi, panitia pameran komputer memiliki situs web yang terbuka bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengakses jadwal kegiatan selama pameran berlangsung, mengakses pemenang undian, serta mengakses peserta pameran. Situs web pameran ini juga dapat disebut sebagai sistem informasi.

Contoh ketiga, misalkan pemerintah daerah Yogyakarta menyediakan komputer di beberapa titik di Malioboro yang berguna bagi turis untuk mengakses informasi mengenai Yogyakarta, lokasi wisata di Yogyakarta, daftar hotel dan motel di Yogyakarta, serta lokasi wisata kuliner yang nyam-nyam di Yofyakarta. Ini juga sistem informasi tourism bagi para wisatawan.



Sedangkan sistem informasi akuntansi, merupakan salah satu sistem informasi yang dirancang untuk menghasilkan informasi akuntansi. Apa itu informasi akuntansi? Muara akhir dari sistem informasi akuntansi adalah laporan keuangan perusahaan (neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas). Jadi, sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang bertujuan untuk menghasikan laporan keuangan.

0 komentar:

Post a Comment