Featured Post

Apa sih Definisi Akuntansi?

Apa sih Definisi Akuntansi?? -   Banyak pakar ahli mengajukan pengertian tentang akuntansi yang berawal dari bahasa Inggris accountancy . Akuntansi …

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan yang memuat informasi mengenai laba atau rugi perusahaan. Berikut disajikan contoh laporan laba rugi untuk perusahaan dagang.

Laporan Laba Rugi

Beberapa definisi istilah yang tersaji dalam laporan tersebut, dapat dilihat dalam ulasan berikut ini.

Kos Penjualan yang disebut juga harga pokok penjualan adalah harga beli barang (harga kulakan barang) yang sudah terjual. 

Beban operasional adalah beban yng terkait dengan operasional perusahaan, seperti telpon, bensin manajer, depresiasi peralatan kantor, alat tulis kantor, listrik kantor, gaji akuntan dan lain sebagainya.

Beban pemasaran adalah beban terkait dengan kegiatan pemasaran perusahaan, seperti beban pasang iklan, beban untuk pengadaan sampel produk baru ke konsumen, beban untuk mencetak brosur, beban untuk membuat seragam karyawan, dan lain sebagainya.

Catatan:
Laporan laba rugi perusahaan yang go publik akan lebih kompleks dari contoh di atas, karena perusahaan go public wajib menyajikan laporan laba rugi komprehensif, bukan hanya sekadar laporan laba rugi.

Komentar